Jumat, 25 Februari 2011

Cara Agar Blog Tidak Di Copy Paste Orang Lain

Bagaimana perasaan anda apabila isi atau artikel blog anda di Copy Paste ke blog orang lain? Mungkin bagi blogger yang sudah sukses hal ini tidak terlalu menjadi masalah. Karena sudah biasa. Namun, bagi para newbie atau blogger amatir seperti aku ini, yakin pasti akan ada sedikit rasa tidak enak hati. Apalagi kalau artikel tersebut merupakan jerih payah kita sendiri dan dicopas tanpa linkback. Rasanya pengen mukul deh tuh orang.

Sebenarnya tidak ada cara agar artikel atau posting benar-benar tidak bisa dicopas orang lain. Karena, coba ingat tujuan awal ketika kita membuat blog yaitu memang untuk berbagi. Yang ada hanyalah cara meminimalisir tindakan copy paste tersebut.
Cara-cara atau tindakan kita untuk meminimalisir Copy Paste yang akan aku sebutkan ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu: Preventif dan Represif 
Tindakan Preventif adalah tindakan yang kita lakukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran Copy Paste. Sedangkan represif maksudnya yang kita lakukan setelah terjadinya pelanggaran Copy Paste tersebut.
Berikut cara-cara tersebut menurut versi yang aku ketahui saja tentunya. Hehehehe, maklum pengetahuan masih dangkal. 
Preventif
2. Menghilangkan Fungsi Select Text atau Mengeblok teks pada Blog.
3. Meniadakan fungsi Typing atau Tombol Keyboard pada Blog.
4. Menampilkan Feed blog hanya summary atau ringkasannya saja.
5. Memasang Peringatan agar tidak mengcopas, bisa berupa teks atau banner CopyScape.
6. Kalau bisa hindari penggunaan versi mobile pada blog.
Represif
Melakukan patroli langsung dan menegur pelaku copy paste.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar